Forum Sejiran Setason Sehat Diapresiasi Pemkab Bangka Barat

BAPPELITBANGDA -- Ketua Forum Sejiran Setason Sehat Sri Fardiani menyerahkan Piala Swasti Saba Wistara kepada Bupati Bangka Barat Markus SH dan Bupati Bangka Barat juga menyerahkan menyerahkan penghargaan kepada Lokus Kabupaten Bangka Barat Sehat Tahun 2019 bertempat di Ruang OR1 Sekda Bangka Barat, Senin (2/12).
Dalam kegiatan ini. Bupati Bangka Barat, Markus mengatakan Forum Kabupaten Sehat di Kabupaten Bangka Barat dibentuk sejak tanggal 21 Januari 2012 dengan nama Forum Sejiran Setason Sehat. Sejak dibentuk forum ini telah melakukan berbagai kegiatan.

Sejak mulai dilaksanakan hingga berhasil meraih penghargaan kabupaten/kota sehat mulai dari Swasti Saba Padapa pada tahun 2013, Swasti Saba Wiwerda tahun 2015 dan Swasti Saba Wistara tahun 2017.
Swasti Saba Wistara adalah penghargaan tertinggi dalam penyelenggaraan kabupaten/kota sehat dan Kabupaten Bangka Barat telah berhasil meraih penghargaan ini untuk yang kedua kalinya pada tahun 2019.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri kepada Kabupaten Bangka Barat pada tanggal 19 November 2019 di Jakarta. Penghargaan ini dapat diraih atas kerjasama dan kontribusi dari berbagai pihak mulai dari relawan yang tergabung dalam Forum Sejiran Setason Sehat, masyarakat, pemerintah desa, kecamatan, dunia usaha serta Tim Pembina Kabupaten Bangka Barat Sehat yang terdiri dari OPD Lintas Sektor.

Swasti Saba Wistara Tahun 2019 adalah hasil jerih payah bersama maka Bupati mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu yang telah berkontribusi dalam meraih penghargaan ini untuk Kabupaten Bangka Barat. “Marilah barsama-sama kita teruskan perjuangan dan upaya bersama melaksanakan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bangka Barat demi terwujudnya Kabupaten Bangka Barat Hebat tahun 2021 yang sehat dan sejahtera,” ujar Bupati. “Sebenarnya bukan piala atau penghargaan saja yang diharapkan tapi mengubah perilaku masyarakat agar hidup bersih dan sehat merupakan hal yang paling penting.

Satu diantaranya menyadarkan masyarakat agar tidak BAB sembarangan. Ini tentu yang menjadi PR kita bersama untuk menuntaskan masalah ini bersama kades yang lebih tahu wilayahnya,” jelasnya. Sementara itu Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Bangka Barat, Drs Muhammad Soleh, M.AP mengatakan Penghargaan Swasti Saba Wistara yang kembali diperoleh Kabupaten Bangka Barat Tahun 2019 ini merupakan komitmen kepala daerah dan upaya seluruh komponen yang terkait baik dari masyarakat, Pemda Bangka Barat serta pihak-pihak lainnya.

“Mudah-mudahan ini menjadi cambuk bagi kita dan harus kita bumikan. Nanti kita sama-sama sosialisasikan kepada masyarakat. Tentunya tantangan kita dua tahun kedepan tambah berat tapi prestasi ini harus kita pertahankan,” katanya.
Pada kesempatan yang sama Kabid Sosbudpem Safrizal mengatakan ada 15 lokus yang mendapat penghargaan dari hasil penilaian kabupaten/kota sehat tahun 2019 di Kabupaten Bangka Barat diantaranya Forum Sejiran Setason Sehat, Laskar Hijau, SD Muhammadiyah Muntok, SMA Negeri 1 Jebus, Pokja Pasar Sehat Kecamatan Muntok, Desa Mancung, Desa Tebing, PT.Gunung Sawit Bina Lestari (GSBL), Kelompok Tani Makmur, Desa Sekarbiru, Desa Peradong, Desa Beruas, Panti Asuhan Aisiyah Muntok, Balai Latihan Kerja dan Forum Komunikasi Desa Sehat Kecamatan Parittiga.

Para penerima penghargaan ini sudah ditetapkan sesuai SK Nomor: 030/035.a/4.3.1.1/2019 Kepala Bappeda selaku Ketua Tim Pembina Bangka Barat Sehat di bulan Januari 2019 yang lalu, Ujar rizal. Hadir dalam acara Bupati Bangka Barat Markus, SH, Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Drs Muhammad Soleh, M.AP, Kepala Dinas Kesehatan Drg H Achmad Syaifuddin, Kepala OPD serta tamu undangan.

Sumber: 
SOSBUDPEM
Penulis: 
(fr)
Fotografer: 
(hm)
Editor: 
(fr)
Bidang Informasi: 
SOSBUDPEM